Vitamin C Kucing

Barangkali vitamin C adalah vitamin yang paling terkenal, iklan produk vitamin C bisa kita jumpai dimana mana, kesan yang ditimbulkan iklan vitamin C menggiring opini seolah olah vitamin C akan dengan mudah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa dengan mudah pula mencegah atau mengobati sakit. Lebih jauh lagi ditimbulkan kesan bahwa semakin tinggi kandungan vitamin C suatu produk maka produk tersebut menjadi lebih baik (lebih manjur).Padahal, tentu saja tidak sesederhana itu ceritanya.

Perlukah tambahan vitamin C untuk kucing untuk memperkuat daya tahan tubuhnya?

Dengan sedemikian banyaknya iklan produk vitamin C beserta janji manis khasiat nya, wajarlah jika kemudian beberapa pemilik kucing berasumsi jika vitamin C baik untuk manusia tentu baik juga untuk kucing atau jika vitamin C bisa memperkuat daya tahan tubuh manusia tentunya akan juga memperkuat daya tahan tubuh kucing.

Sebelum membahas vitamin C untuk kucing kita lihat dulu hal yang mendasar tentang vitamin, vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh (manusia dan hewan) dalam jumlah kecil untuk metabolisme normal. Penyebutan organik disini mengacu pada susunan kimia vitamin yang mengandung unsur C (Carbon), hal ini mungkin tidaklah sama dengan pengertian organik yang biasa kita dengar sekarang ini, dimana organik selalu dihubungkan dengan bahan alami seperti tumbuhan.

Vitamin ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil saja dan bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi, namun dalam keadaan tertentu dokter akan memberikan atau menyarankan pemberian vitamin tambahan.

Berkaitan dengan vitamin C, ada perbedaan mendasar antara manusia dengan kucing. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri vitamin C sehingga harus mendapatkannya dari sumber luar (sayur dan buah buahan), sedangkan tubuh kucing bisa memproduksi sendiri vitamin C sehingga pada keadaan normal tidak memerlukan tambahan dari sumber lain.

Karena bisa memproduksi sendiri maka pabrik makanan kucing biasanya tidak menambahkan vitamin C pada produknya. Demikian juga tidak ada produsen obat yang mengiklankan produk vitamin C untuk kucing.

Walapun vitamin C termasuk golongan vitamin larut air yang artinya kelebihan vitamin C akan dibuang melalui urin (kencing) namun kelebihan vitamin C pada kucing sering dihubungkan dengan pembentukan batuan pada saluran kencing.

Karena bisa diproduksi sendiri dalam tubuh kucing dan mempertimbangkan efek negatif yang mungkin muncul karena itulah menurut saya tambahan vitamin C untuk kucing tidaklah diperlukan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.