Siapkan Payung di Musim Hujan

Setelah musim kemarau yang kering dan panjang, tibalah saatnya kita menikmati musim hujan yang lembab dan basah. Tanah dan udara yang lembab pada saat musim hujan seperti sekarang ini menyisakan beberapa persoalan bagi kesehatan kucing karena lingkungan yang lembab menyebabkan virus bisa bertahan lebih lama diudara terbuka. Akibat buruknya adalah merebaknya kasus kasus penyakit karena virus seperti yang terjadi pada beberapa minggu terakhir ini dimana banyak kucing yang sakit dan bahkan mati karena sakit.

Kondisi ini (lembab) akan terus berlangsung beberapa bulan kedepan sampai musim kemarau tiba kembali dan ini artinya kucing kucing kita punya peluang lebih besar untuk terinfeksi virus jahat dibanding pada saat musim kemarau. Kita tidak mungkin merubah musim supaya virus jahat tersebut tidak bertahan lama, namun kita bisa (dan harus) melakukan sesuatu agar kucing kita punya perlindungan menghadapi virus virus tersebut.

Banyak yang salah kaprah dengan berusaha memberi vitamin agar kucingnya kebal, beberapa berusaha memberi minuman istimewa untuk kucingnya seperti madu atau yang susu merk tertentu supaya kucingnya kebal. Banyak yang melupakan (atau belum tahu) bahwa susu, madu, vitamin dan semacamnya tidak bisa menimbulkan kekebalan pada kucing dan satu satunya produk yang bisa menimbulkan kekebalan adalah vaksin. 

Vaksin adalah suatu produk yang akan melindungi kucing terhadap penyakit serius (terutama yang ditimbulkan oleh virus) yang berpotensi mematikan kucing. Adapun vaksinasi adalah tindakan memasukkan vaksin kedalam tubuh (kucing) untuk menghasilkan kekebalan (yang disebut antibodi)  terhadap penyakit tertentu. 

Kucing perlu mendapat vaksinasi karena zat kebal (antibodi) yang didapat dari induknya (jika ada) tidak dapat bertahan lama dalam tubuhnya, vaksinasi akan meningkatkan kadar antibodi dan memperpanjang usia keberadaan antibodi dalam tubuh kucing sehingga diharapkan dapat melawan serangan penyakit yang masuk.

Vaksin pada kucing dapat dibagi menjadi dua golongan: vaksin utama (core vaccines) dan vaksin tambahan (non core vaccines). 

Vaksin utama (core vaccines) disarankan  pada semua kucing untuk memberi perlindungan pada penyakit yang sering muncul dan berakibat fatal atau juga untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit yang bisa menyerang atau menular ke manusia. Pada saat ini yang tergolong sebagai vaksin utama  adalah: feline rhinotracheitis, feline calicivirus dan feline panleukopenia serta rabies

Adapun yang tergolong sebagai vaksin tambahan (non core vaccines) adalah: feline leukemia, feline immunodeficiency virus, feline infectious peritonitis, chlamydophila felis dan bordetella bronchiseptica.

Idealnya vaksin mulai diberikan pada usia 6-8 minggu, dan kemudian diulang setiap 4 minggu sekali sampai kucing berusia 16 minggu, setelah itu vaksinasi selanjutnya diberikan satu tahun kemudian. 

Karena vaksin pada dasarnya adalah virus yang dilemahkan, maka pemberian vaksin pada kucing mungkin akan menimbulkan efek samping seperti : lesu, nafsu makan berkurang, serta sedikit demam. 

Masalah yang sering menghambat pemilik sehingga kucingnya tidak divaksinasi adalah biaya, banyak yang menganggap biaya vaksin terlalu mahal. Biaya vaksin bervariasi tergantung dokter yang memberikannya namun biasanya berkisar antara Rp 160 ribu sampai Rp 200 ribu ( saya menulis di Purworejo pada awal tahun 2020)

Sebenarnya mahal atau murah itu relatif namun yang pasti biaya atau harga vaksin jauh lebih murah daripada biaya perawatan kucing apabila sampai sakit karena virus (yang sebenarnya bisa dicegah dengan vaksinasi). 

Sebagai dokumentasi, setelah diberikan vaksinasi dokter hewan akan memberikan “buku vaksin” yang berisi catatan tanggal pemberian vaksin, kondisi fisik kucing pada saat divaksinasi dan label dari vaksin yang menyebutkan nomor seri vaksin serta tanggal kadaluarsa vaksin. Jadi, jika kucing anda belum mempunyai buku vaksin, segera hubungi dokter hewan terdekat. Bagaimanapun juga pepatah lama yang mengatakan “mencegah lebih baik dari mengobati” masih sangat relevan dipakai saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.